Tradisi Arak Iring Balimau Kasai Desa Teratak Buluh Berlangsung Sukses dan Meriah


Sebagaimana biasanya, pada setiap tahunnya, tepatnya H-1 Bulan Suci Ramadhan, kenegerian desa Teratak Buluh melaksanakan tradisi Balimau Kasai di sekitar areal tepian sungai Kampar wilayah desa Teratak Buluh.

Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1438 H, kenegerian desa Teratak Buluh kembali melaksanakan tradisi Arak Iring Balimau Kasai di areal sekitar tepian sungai Kampar desa Teratak Buluh, Jumat (26/5/2017) sekira pukul 13.00 WIB.

Turut hadir pada acara Arak Iring balimau kasai tersebut, Anggota DPD - RI/MPR -RI, Dr.Hj. Maimanah Umar, MA beserta staff ahlinya, Misharti, SAg.MSi dan rombongan, Anggota DPRD Kampar Dapil setempat, Kapolsek Siak Hulu, Kompol Vera Taurensa, SS. MH, Danramil Siak Hulu - Perhentian Raja, Kapten Kasmir, Pemerintah desa Teratak Buluh beserta perangkatnya, Ninik Mamak, tokoh agama, dan ribuan masyarakat dari desa Teratak Buluh dan desa-desa tetangga lainnya, serta warga kota Pekanbaru yang ingin menyaksikan langsung acara tradisi Balimau Kasai yang terkenal sukses terlaksana dengan meriah pada setiap tahunnya.

Pantauan awak media, Acara Arak Iring Balimau Kasai yang disupport oleh Anggota DPD-RI/MPR-RI beserta seluruh elemen masyarakat kenegerian desa Teratak Buluh berlansung sukses dan meriah. Berbagai pihak yang menghadiri acara Balimau Kasai ini tak henti-hentinya menyampaikan apresiasinya kepada Brigadir David Gusmanto,  Ketua Pelaksana Balimau Kasai kenegerian desa Teratak Buluh yang dikenal dekat dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah binaannya tersebut.

Acara Arak Iring Balimau Kasai di desa Teratak Buluh ini dikemas dengan kegiatan yang menyentuh hati seluruh pengunjung yang hadir.

Pada kegiatan tradisi Balimau Kasai ini,  puluhan anak Yatim diarak dan diiring dengan didampingi Anggota DPD RI/MPR RI, Dr. Hj. Maimanah Umar, MA beserta staff ahlinya, Kapolsek Perhentian Siak Hulu, Kompol Vera Taurensa, SS.MH, Ketua Pelaksana kegiatan Arak Iring Balimau Kasai yang juga merupakan Bhabinkamtibmas desa Teratak Buluh, Brigadir David Gusmanto, dan Ninik Mamak Kenegerian Desa Teratak Buluh.

Pada tradisi Arak Iring Balimau Kasai tersebut juga dilakukan kegiatan seremonial memandikan anak yatim dengan air limau serta penyantunan anak puluhan anak Yatim se Kenegerian desa Teratak Buluh tersebut.

Ketua Pelaksana Tradisi Arak Iring Balimau Kasai, Brigadir David Gusmanto dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara tradisi Arak Iring Balimau Kasai di kenegerian desa Teratak Buluh ini.

"Ini Tahun Ke 4 kegiatan Tradisi Arak Iring Balimau Kasai ini dilaksanaan di Kenegerian desa Teratak Buluh, sekali lagi saya sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan acara ini, terkhusus kepada Anggota DPD - RI/MPR - RI, Dr. Hj. Maimanah Umar, MA putri terbaik desa Teratak Buluh yang telah mensuport telaksananya kegiatan Tradisi Arak Iring Balimau Kasai ini," ujarnya.

Ditambahkan Brigadir David, melalui momentum kegiatan ini, dirinya mewakili seluruh kepanitiaan Arak Iring Balimau Kasai menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas selama bulan Ramadhan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Siak Hulu, Kompol Vera Taurensa, SS.MH.

Dalam sambutannya, Kompol Vera Taurensa, SS.MH mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban acara dan mengingatkan kepada seluruh pengunjung untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di tempat-tempat keramaian seperti acara ini

Dalam acara Arak Iring Balimau Kasai ini, Kapolsek Siak Hulu juga berpesan agar tidak melaksanakan tradisi Mandi Balimau Kasai dengan terlalu Euforia (Semangat yang berlebihan, Red).

"Melalui momentum ini, saya selaku Kapolsek Siak Hulu beserta seluruh jajaran memohon maaf apabila kami dirasa belum maksimal didalam melayani masyarakat di wilayah hukum Polsek Siak Hulu, khususnya masyarakat kenegerian desa Teratak Buluh ini, mari kita sambut bulan Ramadhan dengan hati yang suci, dan jadikan momentum ini sebagai perekat tali silaturahmi," imbuh Kapolsek.

Seirama dengan Kapolsek Siak Hulu dan Ketua Panitia Pelaksana Arak Iring Balimau Kasai, Anggota DPD RI/MPR RI, Dr. Hj. Maimanah Umar, MA juga mengatakan hal yang sama.

"Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, saya selaku anggota DPD RI/MPR RI mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan Bathin," ungkapnya.

Menurut Hj. Maimanah Umar ,Acara balimau Kasai ini sudah menjadi tradisi di negeri kita, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk melaksanakan dan melestarikan acara adat di negeri kita ini.

"Terimakasih kepada Ketua Pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan tradisi ini dengan sukses dan meriah, mudah-mudahan kita dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan Tradisi Arak Iring Balimau Kasai Ini, serta dapat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini dengan lebih baik," tutupnya.