UNIT RESKRIM POLSEK TAPUNG BERSAMA OPSNAL POLRES KAMPAR UNGKAP KOMPLOTAN PERAMPOK ANTAR PROVINSI




Unit Reskrim Polsek Tapung di back up Opsnal Sat Reskrim Polres Kampar yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Tapung Iptu Asdisyah Mursid SH bekerjasama dengan Kapolsek Batang Anai Polres Padang Pariaman, berhasil mengungkap kasus Pencurian dengan kekerasan (Curas) yang terjadi di wilayah hukum Polsek Tapung beberapa bulan lalu.

Dua tersangka komplotan perampok spesilis mobil antar provinsi berhasil diringkus tim gabungan ini, mereka adalah HW alias HN (LK 27) seorang buruh harian warga Buayan Kec. Batang Anai Sumbar, tersangka HW ini ditangkap pada hari Minggu (22/1) di rumah istrinya di wilayah Batang Anai Sumbar.

Satu tersangka lainnya yang diringkus aparat Kepolisian ini adalah AR alias WG (LK 55) seorang sopir warga Jalan Tuah Karya Panam Kota Pekanbaru, tersangka ini ditangkap pada Senin (23/1) di daerah Simpang Lubuk Alung Sumbar ketika turun dari dari mobil travel dari arah Pekanbaru.

Berdasarkan informasi dari Kanit Reskrim Polsek Tapung, bahwa telah terjadi dua peristiwa perampokan dan perampasan mobil yang diduga dilakukan oleh kelompok yang sama di wilayah Kec. Tapung.

Kejadian pertama pada tanggal 26 September 2016 lalu dengan TKP di KM 9 jalan Garuda Sakti wilayah Desa Karya Indah Kec. Tapung, saat kejadian para pelaku berhasil merampas Dump Truk Fuso yang dikemudikan korban, pelaku mengikat korban dan membuangnya di wilayah Pelalawan, untuk kejadian ini salah satu pelaku DW berhasil ditangkap dan proses hukumnya telah memasuki tahap II dan telah dilimpahkan ke Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kampar.

Kejadian kedua terjadi pada tanggal 11 Desember 2016 dengan TKP di KM 7 jalan Garuda Sakti wilayah Desa Karya Indah Kec. Tapung, dalam peristiwa ini komplotan perampok spesialis mobil ini berhasil merampas mobil L300, sementara korbannya diikat lalu dibuang di daerah Labuhan Batu. 

Untuk kejadian kedua ini, modus pelaku adalah berpura-pura untuk merental mobil korban dengan menghubunginya melalui telepon seluler lalu berjanji bertemu di wilayah Jalan Garuda Sakti, saat korban tiba di TKP komplotan pelaku telah menunggunya dan langsung mengeroyok korban dan merampas mobilnya.

Unit Reskrim Polsek Tapung di back up Opsnal Sat Reskrim Polres Kampar bekerja keras untuk mengungkap kasus ini, hingga pada Sabtu (21/1) terendus keberadaan salah satu pelaku di wilayah Sumbar. 

Tanpa buang waktu Unit Reskrim Polsek Tapung dibantu Opsnal Sat Reskrim Polres Kampar langsung berangkat ke daerah Sumbar untuk memburu tersangka, tidak sia-sia kerja keras aparat Kepolisian membuahkan hasil dan berhasil menangkap 2 tersangka di wilayah Sumbar.

Petugas segera melakukan pengembangan untuk mengungkap semua komplotan spesialis perampok mobil antar provinsi ini, setelah diselidiki ternyata satu pelaku lainnya telah lebih dulu ditangkap Polsek Minas atas kasus serupa di wilayah hukum Polsek Minas, satu anggota komplotan lainnya masih dalam pengejaran petugas dan identitasnya telah dikantongi petugas.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK melalui Kapolsek Tapung Kompol Darmawan SH, MH saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Darmawan bahwa kedua tersangka saat ini telah diamankan di Polsek Tapung untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

Dalam kesempatan terpisah Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK mengapresiasi kinerja jajarannya yang berhasil mengungkap komplotan spesialis perampokan mobil antar provinsi ini, lebih lanjut disampaikan Kapolres bahwa keberhasilan ini juga berkat kerjasama yang baik antar Satker Kepolisian, semoga kerjasama dan sinergitas yang baik ini dapat terus ditingkatkan untuk mengungkap kasus-kasus lainnya, jelas Kapolres.